News

JK Beri Lampu Hijau Guru Honorer Diangkat Jadi PNS, PHP? 

Ilustrasi guru honor. (sumber:internet)

JAKARTA  - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menggelar rapat terbatas dengan beberapa menteri terkait rekrutmen dan tata kelola guru. Hasilnya, berdasarkan keterangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Wapres memberikan lampu hijau pengangkatan guru Aparatur Sipil Negara (ASN) jadi pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini.

"Pak Wapres (JK) pada prinsipnya sudah memberikan lampu hijau bahwa mulai 2018 akan ada pengangkatan guru menjadi ASN bisa PNS bisa PPPK," ujar Muhadjir di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. 

Terkait hal tersbeut, Kemendikbud mendata dan mendapati 736 ribu guru honorer yang harus diangkat. Namun jumlah tersebut masih di dikroscek kembali ke KemenpanRB. Pasalnya, mereka yang mengumpulkan data dari daerah-daerah untuk mengetahui berapa kebutuhan riilnya.

"Sekarang sedang kita selaraskan antar data-data yang ada untuk kemudian kita nanti ambil keputusan. Tapi masih mau dibicarakan lagi," ungkap dia.

Dia pun mengakui ketimpangan jumlah guru di daerah-daerah kerap terjadi. Kemudian, kata dia pihaknya masih mengkaji pola persebarannya demi meminimalisir penumpukkan guru di salah satu daerah saja.

"Ini akan kita perjelas mekanismenya sehingga jangan sampai praktik sekarang ini, penumpukkan guru di suatu kabupaten atau penumpukkan guru di suatu sekolah. Itu sulit untuk segera diadakan redistribusi," ungkap dia.

Tidak hanya itu, Menpan-RB Asman Abnur menjelaskan pihaknya tengah konsentrasi memvalidasi data untuk mempersiapkan pengangkatan guru honorer menjadi PNS. Tetapi kata dia, rekrutmen guru tersebur akan dilakukan mengacu pada perundang-undangan yang berlaku.

"Kami sedang koordinasi terus dengan Mendikbud dan kementerian agama agar angka validasi nanti menjadi acuan, jumlah yang pensiun, jumlah yang kurang, jadi acuan di Menpan menentukan formasinya," jelas Asman.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...